logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊPers Dituntut Inovatif Hadapi ...
Iklan

Pers Dituntut Inovatif Hadapi Disrupsi

Kemajuan teknologi mengubah cara masyarakat mengonsumsi informasi. Inovasi teknologi dan mengenali perilaku baru audiens memberi tantangan besar bagi media.

Oleh
Rangga Eka Sakti
Β· 1 menit baca
Warga membeli koran saat menunggu pesanan makanan di sebuah warung di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur (10/10/2021). Pembeli koran kian sedikit akibat perkembangan media digital. Adaptasi teknologi banyak dilakukan media konvensional seperti surat kabar,
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG (MYE)

Warga membeli koran saat menunggu pesanan makanan di sebuah warung di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur (10/10/2021). Pembeli koran kian sedikit akibat perkembangan media digital. Adaptasi teknologi banyak dilakukan media konvensional seperti surat kabar,

Perkembangan teknologi dan perubahan situasi ekonomi membawa tantangan bagi organisasi media. Untuk bisa bertahan, organisasi media massa harus bisa berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi baru yang mengubah cara masyarakat mengonsumsi informasi. Pada saat yang bersamaan, media juga perlu dekat dengan publik agar bisa membentuk ceruk audiens.

Tantangan yang dihadapi organisasi media di Indonesia ini tertangkap dari hasil telaah European Journalism Centre (ECJ). Laporan ECJ menunjukkan, iklim industri media di Indonesia sesungguhnya belum sehat. Salah satu indikatornya dapat dilihat dari paradoks organisasi media, yakni membeludaknya jumlah perusahaan pers, tetapi tak diimbangi dengan tingkat profesionalisme yang mumpuni.

Editor:
MARCELLUS HERNOWO
Bagikan