logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMenuai Sukses Bisnis Media...
Iklan

Menuai Sukses Bisnis Media Berita Berbayar

Awalnya diragukan, kini sejumlah media berita menuai sukses di era digital dengan model berbayar. Seperti apa strategi yang ditempuh agar media berita tetap berkelanjutan di masa depan?

Oleh
ANDREAS YOGA PRASETYO
Β· 1 menit baca
Kantor pusat The New York Times di New York, Amerika Serikat (6/5/2021). The New York Times masih merajai jumlah pelanggan cetak dan berbayar di seluruh dunia.
AP PHOTO/MARK LENNIHAN

Kantor pusat The New York Times di New York, Amerika Serikat (6/5/2021). The New York Times masih merajai jumlah pelanggan cetak dan berbayar di seluruh dunia.

Tidak mudah membangun model bisnis berbayar bagi media berita. Selain kurang populer, pendapatan bisnisnya juga minim di awal-awal pendiriannya. Sejumlah media berita, seperti The Times dan The Athletic berbagi kisah menekuni bisnis paywall hingga dapat turut menjaga warisan media cetak tetap berkelanjutan hingga saat ini.

Kesuksesan bisnis media berita berbayar bukan hanya kisah korporasi besar. Ada pula media-media papan menengah dari aspek oplah yang juga berhasil sukses menggaet pelanggan digital.

Editor:
YOHAN WAHYU
Bagikan