logo Kompas.id
RisetPonsel Merek China Merajai...
Iklan

Ponsel Merek China Merajai Pasar ”Smartphone” Indonesia yang Sedang Lesu

Mayoritas pangsa pasar ponsel berada pada segmen menengah-bawah yang sangat sensitif pada gejolak ekonomi.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
Tampilan antarmuka (<i>interface</i>) aplikasi kamera Oppo Find X5 Pro, seperti yang terlihat di Pebble Beach, Brooklyn, New York, AS, Kamis (26/5/2022) petang.
KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Tampilan antarmuka (interface) aplikasi kamera Oppo Find X5 Pro, seperti yang terlihat di Pebble Beach, Brooklyn, New York, AS, Kamis (26/5/2022) petang.

Di tengah kelesuan penjualan smartphone di Indonesia, ponsel pintar merek dari China berhasil mempertahankan dominasinya atas ponsel dari Korea Selatan. Meski belum menjadi yang tertinggi, penjualan ponsel merek dari Amerika Serikat terus tumbuh positif di saat merek lain mengalami penurunan hingga jelang tutup tahun ini.

Merujuk data dari Statcounter GlobalStats: ”Mobile Vendor Market Share Indonesia”, persaingan pasar ponsel pintar di Indonesia diramaikan oleh 29 merek dari sejumlah negara, di antaranya dari China, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat. Produk ponsel yang dipasarkan di Indonesia ini sebagian merupakan komoditas impor, tetapi ada juga sebagian lainnya yang merupakan produk dalam negeri. Sejumlah produsen ponsel asing itu membangun pabrik di Indonesia guna mendekatkan pasar. Indonesia menjadi salah satu negara incaran para produsen karena memiliki pangsa pasar yang begitu besar.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan