Event Internasional Mendongkrak “Country Branding” Indonesia
Penyelenggaraan event dunia terbukti mampu mengangkat citra bangsa. Kejuaraan Dunia Superbike WSBK Mandalika menjadi salah satu event yang berhasil mendongkrak “country branding” Indonesia.
Perhelatan akbar KTT G-20 di Bali, Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Mandalika, dan Borobudur Marathon di Jawa Tengah digelar secara bersamaan ataupun berurutan pada pertengahan November 2022. Tiga event ini turut mendongkrak ”country branding” Indonesia di mata dunia.
Secara periodik Forum Ekonomi Dunia (WEF) menerbitkan hasil risetnya tentang Travel and Tourism Development Index. Data terbaru diterbitkan pada Mei 2022 yang menyebutkan Indonesia naik secara signifikan peringkat indeks perjalanan dan pariwisatanya dari peringkat ke-44 pada tahun 2019 menjadi peringkat ke-32 pada tahun 2022. Kenaikan 12 peringkat ini adalah yang tertinggi di antara negara-negara lain sebab rata-rata negara lain kenaikan atau penurunan peringkatnya di rentang 3-6 peringkat.