logo Kompas.id
RisetPendapatan Bisnis Pers, dari...
Iklan

Pendapatan Bisnis Pers, dari Pelanggan hingga “Blockchain”

Ekosistem digital menawarkan model-model bisnis baru yang terus berkembang. Munculnya blockchain dan Metaverse menjadi kesempatan bagi perusahaan media untuk menjajaki peluang bisnis baru di tengah disrupsi.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/slofFlW8D9tigj4F-9Q7noiHVSo=/1024x649/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F20200903WEN1_1599105498.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Telepon selular yang saat ini tidak hanya sebatas alat komunikasi melainkan sebagai sumber informasi dari berbagai media daring (3/9/2020). Sebagian besar media cetak saat ini sudah menambah format media daring untuk mengikuti perkembangan zaman.

Di tengah disrupsi teknologi dan krisis pandemi,  perusahaan media dituntut lebih kreatif menciptakan pendapatan baru. Tak cukup hanya bertumpu dari pendapatan pelanggan, iklan, atau event, alternatif pemasukan lainnya terus dijajaki termasuk dari ekosistem blockchain dan Metaverse seperti yang dirintis oleh majalah TIME.

Krisis pandemi Covid-19 turut menekan kinerja ekonomi dan bisnis global. Media cetak seperti koran dan majalah termasuk yang mengalami pukulan telak ketika pandemi.

Editor:
Toto Suryaningtyas
Bagikan