logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMenemukan Alasan Audiens...
Iklan

Menemukan Alasan Audiens Membayar Berita Daring

Penuhilah kebutuhan audiens untuk mendapatkan konten-konten jurnalisme yang baik. Setelah kebutuhan audiens terpenuhi, persoalan bisnis pasti teratasi.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/t924nPfrIL_nCn9zyj4SgYT7G1c=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2Ff6b87fe4-b300-4dda-beed-79b63a333475_jpg.jpg
Kompas/Hendra A Setyawan

Pandemi Covid-19 tidak membuat Ade (56) patah semangat menjajakan koran. Setiap pagi ia mengecer koran kepada pengendara yang melintas di perempatan Gaplek, Tangerang Selatan, Banten (27/3/2020). Pria yang telah menjadi loper koran sejak 20 tahun lalu itu gigih menyambung napas media cetak yang tengah mengalami disrupsi.

Menjual produk jurnalistik dalam format digital memang bukan perkara mudah. Setidaknya terdapat tiga faktor yang menjadi modal utama dalam menggaet pelanggan digital, yaitu merek media, kualitas konten yang menjawab kebutuhan audiens, dan model pembayaran yang memudahkan pelanggan.

Krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 berimbas pada segala lini usaha, termasuk institusi media cetak. Pandemi yang diikuti kebijakan pembatasan wilayah dan aktivitas publik membuat distribusi koran kepada pelanggan dan penjualan di tempat-tempat publik menjadi terganggu.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan