logo Kompas.id
›
Riset›Pembuatan Konten Kreatif Skala...
Iklan

Pembuatan Konten Kreatif Skala Domestik Naik Daun

Membuat konten kreatif dari rumah menjadi salah satu bentuk adaptasi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Oleh
Yoesep Budianto
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XygKn7Elz9-oDlS883_r8QaoU5g=/1024x714/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2F4ddb438a-3f30-4047-9415-7aed9727dc22_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Perajin boneka yang juga memiliki kemampuan mendongeng Aphrodita Wibowo atau dikenal dengan Bu Cemprut dibantu suaminya Agung mendongeng secara daring melalui siaran langsung Instagram dari kediamannya di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (9/5/2020).

Ragam kegiatan dilakukan oleh banyak orang di rumah selama masa pandemi, termasuk membuat konten kreatif. Tujuh dari sepuluh orang melibatkan keluarga/kerabat untuk membuat konten kreatif baik untuk konsumsi pribadi atau berbisnis.

Konten kreatif terus berkembang seiring beragamnya platform publikasi digital. Data Youtube Official menunjukkan ada 500 jam video diunggah setiap menit di Youtube. Di Instagram, ada 500 juta akun menggunakan instagram story setiap hari. Berkembangnya konten digital didukung pertumbuhan pengguna internet dan media sosial. Hingga Januari 2021, tercatat ada 4,66 miliar penduduk dunia yang menggunakan internet.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan