logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊMusim Semi Calon Tunggal Ketua...
Iklan

Musim Semi Calon Tunggal Ketua Umum Parpol

Hanya ada calon tunggal ketum saat forum tertinggi Nasdem, Golkar, PKB, PAN, dan Hanura. Demokrasi dipertanyakan.

Oleh
PRAYOGI DWI SULISTYO
Β· 0 menit baca
Deretan bendera partai politik peserta Pemilu Serentak 2019 menghiasi jalan layang di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Deretan bendera partai politik peserta Pemilu Serentak 2019 menghiasi jalan layang di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Partai politik sebagai salah satu pilar demokrasi seharusnya mempraktikkan nilai-nilai demokrasi di dalamnya. Namun, yang terjadi belakangan di sejumlah partai, justru menunjukkan yang sebaliknya. Pergantian ketua umum partai minim kontestasi. Regenerasi di pucuk pimpinan partai pun mandek. Padahal, demokrasi meniscayakan kompetisi dan kesetaraan.

Dalam sepekan terakhir, sejumlah partai politik (parpol) menggelar forum tertinggi partai untuk menentukan ketua umum periode berikutnya. Partai dimaksud, Partai Hanura (18-19 Agustus 2024), Partai Golkar (20-21 Agustus), Partai Amanat Nasional (23-24 Agustus), dan Partai Kebangkitan Bangsa (24-25 Agustus). Menyusul Partai Nasdem yang menggelar kongres pada 25 hingga 27 Agustus mendatang.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan