logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊPuan: Pemilu Berkualitas...
Iklan

Puan: Pemilu Berkualitas Harusnya Beri Kesempatan Rakyat Memilih Tanpa Paksaan

Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPD menyatakan, pemilu jujur dan adil masih dipertanyakan.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU, NIKOLAUS HARBOWO
Β· 1 menit baca
Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).
DOKUMENTASI HUMAS KETUA DPR PUAN MAHARANI

Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

JAKARTA, KOMPAS β€” Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menyampaikan bahwa Pemilu 2024 harus menjadi kritik dan otokritik, baik bagi para peserta pemilu maupun seluruh masyarakat. Meski pilihan rakyat sudah dijatuhkan dan harus dihormati, penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil masih dipertanyakan.

Ketua DPR Puan Maharani dalam pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024), mengatakan, awal tahun ini Indonesia telah menyelenggarakan pemilu serentak. Sekalipun memiliki pengalaman demokrasi yang panjang dan berulang kali melaksanakan pemilu, ia mempertanyakan kualitas Pemilu 2024. Menurut dia, penerapan prinsip pemilu yang bebas, jujur, dan adil belum bisa sepenuhnya terwujud.

Editor:
SUHARTONO
Bagikan