logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊElektabilitas Kurang dari 1...
Iklan

Elektabilitas Kurang dari 1 Persen, Partai Papan Bawah Siapkan Strategi Jitu

Strategi jitu disiapkan partai-partai politik papan bawah demi meningkatkan elektabilitas sekaligus memenuhi target lolos ke parlemen.

Oleh
WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN, DIAN DEWI PURNAMASARI
Β· 1 menit baca
Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dipasang di sepanjang jalan layang di kawasan Karet, Jakarta, Selasa (22/8/2023).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dipasang di sepanjang jalan layang di kawasan Karet, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

JAKARTA, KOMPAS β€” Partai politik papan bawah dengan elektabilitas kurang dari 1 persen menyiapkan berbagai strategi jitu untuk bisa lolos ambang batas parlemen. Tidak hanya merancang program, partai-partai politik nonparlemen itu juga berupaya mengejar efek ekor jas dengan mendukung bakal calon presiden tertentu.

Survei Litbang Kompas periode 27 Juli-7 Agustus 2023 merekam, tujuh partai politik (parpol) memiliki elektabilitas di bawah 1 persen. Empat di antaranya merupakan parpol baru, yakni Partai Garuda, Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Partai Ummat, dan Partai Buruh. Adapun tiga lainnya merupakan partai yang pernah mengikuti pemilu sebelumnya, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan