logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊParpol Gerak Cepat Antisipasi ...
Iklan

Parpol Gerak Cepat Antisipasi Potensi Konflik Internal

Dewan Etik Golkar meminta klarifikasi terhadap Lawrence TP Siburian yang mewacanakan munaslub untuk mengganti Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum Golkar. Sebelum Golkar, sejumlah parpol mendisiplinkan kadernya.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU
Β· 0 menit baca
Bendera partai politik terpasang di tiang listrik di sepanjang Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (23/10/2022).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Bendera partai politik terpasang di tiang listrik di sepanjang Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (23/10/2022).

JAKARTA, KOMPAS β€” Partai-partai politik bergerak cepat mengantisipasi konflik internal jelang Pemilu 2024. Dewan Etik Partai Golkar meminta klarifikasi dari Lawrence TP Siburian, politisi senior bagian dari Pemrakarsa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar yang mewacanakan penyelenggaraan musyawarah nasional luar biasa untuk mengganti ketua umum partai tersebut, Senin (17/7/2023).

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Bidang Kehormatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Majelis Kehormatan Partai Gerindra juga memanggil kadernya yang terindikasi menunjukkan dukungan berbeda dari kebijakan partai terkait Pemilihan Presiden 2024. Di tengah tahapan pemilu yang sudah berjalan, upaya memastikan soliditas penting karena perpecahan antarkader bisa berdampak kontraproduktif yang berujung pada penurunan suara partai.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan