logo Kompas.id
Politik & HukumKetika Album ”BTS” dan Keris...
Iklan

Ketika Album ”BTS” dan Keris Jawa Pererat Persahabatan Parlemen Sedunia

Parlemen sedunia berlomba-lomba memperkenalkan budayanya di momen Forum Parlemen Dunia (IPU) Ke-144 di Bali. Selain mempererat persahabatan, hal itu juga jadi pintu awal jalinan kerja sama di berbagai bidang.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU
· 1 menit baca
Ketua DPR Puan Maharani (kiri) menerima paket album <i>boyband </i>BTS dari Ketua Parlemen Korea Selatan Park Byeong-seug (kanan) dalam pertemuan bilateral di sela rangkaian sidang Forum Parlemen Dunia atau International-Parliamentary Union (IPU) Ke-144 di Bali, Selasa (22/3/2022).
KOMPAS/KURNIA YUNITA RAHAYU

Ketua DPR Puan Maharani (kiri) menerima paket album boyband BTS dari Ketua Parlemen Korea Selatan Park Byeong-seug (kanan) dalam pertemuan bilateral di sela rangkaian sidang Forum Parlemen Dunia atau International-Parliamentary Union (IPU) Ke-144 di Bali, Selasa (22/3/2022).

Ajang diplomasi budaya kini tak hanya identik dengan memperkenalkan hasil kebudayaan bernilai adiluhung. Budaya populer yang bernilai komersial dan khas masyarakat industrial pun turut digunakan untuk mempererat persahabatan antarnegara.

Kamsahamnida!” ucap Puan Maharani sambil tersenyum lebar. Ketua DPR itu tak bisa menyembunyikan raut semringah setelah menerima cendera mata dari Ketua Parlemen Korea Selatan Park Byeong-seug. Berbeda dengan kenang-kenangan plakat ukiran gedung DPR yang ia berikan, Byeong-seug justru membawakannya paket album BTS, boyband yang menjadi ikon budaya pop Korea Selatan. Tidak hanya berisi kepingan cakram padat (CD), album Map of The Soul:7 itu pun dilengkapi kartu pos bertanda tangan para personel BTS.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan