logo Kompas.id
β€Ί
Paparan Topikβ€ΊHari Radio Nasional: Masa...
Iklan

Hari Radio Nasional: Masa Depan Industri Penyiaran Radio

Hari Radio Nasional menjadi momentum refleksi prospek industri penyiaran radio. Masa depan industri penyiaran radio pernah diprediksi akan gulung tikar seiring meluasnya industri televisi dan konten digital berbasis internet. Namun, hingga kini industri radio masih mampu bertahan. Fenomena radio streaming juga semakin populer untuk menjangkau dan mendekatkan pendengar.

Oleh
Topan Yuniarto
Β· 1 menit baca
Suasana talk show di Sonora 92,0 FM di jalan Kebahagiaan, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Sonora FM mulai mengudara pada tanggal 8 Agustus 1972.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Suasana talk show di Sonora 92,0 FM di jalan Kebahagiaan, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Sonora FM mulai mengudara pada tanggal 8 Agustus 1972.

Kehadiran radio tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan kemerdekaan. Media audio ini sanggup menjangkau khalayak luas hingga pelosok pada era perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonial. Pidato-pidato Bung Tomo melalui radio bahkan sanggup menggelorakan semangat juang melawan sekutu.

Kini, industri radio harus berjuang untuk tetap bisa menjalankan roda bisnisnya agar tetap bisa menyapa pendengar dan memutar lagu-lagu kesayangan fans-nya. Jika pada era kejayaan bisnis radio tahun 1970--1990 iklan sebagai pemasukan utama bisnis ini. Namun, dengan hadirnya televisi, internet, dan konten digital maka radio harus berinovasi dan menyesuaikan teknologi agar tetap eksis.

Editor:
Dwi Erianto
Bagikan