logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€Ί67 Tahun ke Depan: Membangun...
Iklan

67 Tahun ke Depan: Membangun Peradaban

Komisi Pemberantasan Korupsi dan Mahkamah Konstitusi menjadi tonggak pertama pembentukan peradaban baru Indonesia.

Oleh
SOEGENG SARJADI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/y0waWinUEVXL8BBHIZwwF7IjVPg=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F04%2F14%2F6a34f22a-2386-49cd-a707-8cd868fda503_jpg.jpg

Tancapkan bendera Merah Putih di masa 67 tahun ke depan. Bayangkan, saat itu semua warga bangsa merasa aman dan terlindungi, baik di dalam negeri maupun di mancanegara; dan tiap jengkal tanah dan tetesan air terpayungi oleh armada angkatan darat, laut, dan udara yang kuat serta kebudayaan yang berkepribadian. Saat itu, kecerdasan bangsa dan kesejahteraan umum juga merata sampai ke pucuk-pucuk gunung karena demokrasi yang kita praktikkan sepenuhnya memihak pada demokrasi sosial.

Lapangan kerja terbuka, infrastruktur terbangun sehingga setiap daerah berkembang bersama-sama, dan setiap anak bangsa punya kesempatan sepadan dalam memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dan berkualitas. Peran Indonesia di kancah internasional pun mumpuni karena meminjam Trisakti Bung Karno, kita berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan. Pendek kata, Indonesia jadi negara adidaya di mana di seluruh sudut Tanah Air ditandai suara seruling mengalun, semilir tiupan angin di pucuk bambu, dan bukan dentum meriam dan jerit ketakutan.

Editor:
YOHANES KRISNAWAN
Bagikan