logo Kompas.id
OpiniAI Bukan Sekadar Mencerdaskan ...
Iklan

AI Bukan Sekadar Mencerdaskan Rumah Sakit

Kesiapan digital dan nantinya penerapan AI secara masif di rumah sakit akan mendorong pembaruan strategi rumah sakit.

Oleh
MOHAMMAD HAMSAL
· 0 menit baca
Rektor Djwantoro Hardjito (kiri) menjelaskan robot medis yang diberi nama Spero buatan Universitas Kristen Petra Surabaya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/6/2020). Secara umum, robot berfungsi sebagai pembawa obat dan makanan pada pasien Covid, tetapi semua <i>file</i> terkait robot dibuka untuk umum secara gratis dari desain hingga kode program robot.
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA (BAH)

Rektor Djwantoro Hardjito (kiri) menjelaskan robot medis yang diberi nama Spero buatan Universitas Kristen Petra Surabaya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/6/2020). Secara umum, robot berfungsi sebagai pembawa obat dan makanan pada pasien Covid, tetapi semua file terkait robot dibuka untuk umum secara gratis dari desain hingga kode program robot.

Majalah Newsweek edisi pertengahan Maret 2024 menghampiri pembacanya dengan tajuk ”Bagaimana AI Akan Membantu Para CEO Rumah Sakit Ternama di Dunia Mengubah Layanan Kesehatan”.

Dalam ulasannya, Newsweek berpendapat bahwa para pemimpin beberapa rumah sakit terbaik dunia berada pada momen yang unik. Beberapa tahun setelah pandemi Covid-19, lingkungan sektor kesehatan telah berhasil mendorong sistem layanan kepada pasien sampai ke titik kulminasi. Para eksekutif rumah sakit terkemuka tersebut kini menjadikan lembaganya terdepan dalam lompatan terbesar di bidang pengobatan modern, melalui kecerdasan buatan (AI).

Editor:
ANDREAS MARYOTO
Bagikan