logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊRefleksi Mentalitas Kita di...
Iklan

Refleksi Mentalitas Kita di Media Sosial

Persepsi bangsa kita yang berdampak pada motivasi hidup perlu diperbarui, seiring perkembangan teknologi dan informasi.

Oleh
MUHAMAD SATOK YUSUF
Β· 1 menit baca
Ikon aplikasi Tiktok (tengah) berada di antara dua produk Meta, Instagram dan Facebook, seperti yang terlihat pada Kamis (31/3/2022) di layar sebuah ponsel pintar.
KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Ikon aplikasi Tiktok (tengah) berada di antara dua produk Meta, Instagram dan Facebook, seperti yang terlihat pada Kamis (31/3/2022) di layar sebuah ponsel pintar.

Tren penggunaan media sosial semakin meningkat semenjak pandemi Covid-19. Tiktok menjadi teman setia semua kalangan saat kebijakan pembatasan sosial (lock down) ditetapkan pemerintah. Walaupun Covid-19 telah dianggap sebagai epidemi sejak 21 Juni 2023, sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, nyatanya kebiasaan menonton Tiktok masih terbawa hingga kini.

Kecepatan penyebaran informasi di media sosial tersebut sangat tinggi. Jika boleh saya bandingkan, setara dengan penyebaran informasi di media sosial X. Keunggulan Tiktok dibandingkan dengan media sosial lain adalah cara penyampaian informasi yang menggabungkan audio, visual, dan video sehingga menarik perhatian dan lebih menjangkau pemahaman di seluruh kalangan.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan