logo Kompas.id
Opini”The Dead Internet Theory”:...
Iklan

”The Dead Internet Theory”: Saat Ruang Siber Tak Lagi Bernyawa

Konten dibuat oleh kecerdasan buatan sehingga meminggirkan keterlibatan dan komunikasi manusia yang sebenarnya.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 1 menit baca
Andreas Maryoto
ILHAM KHOIRI

Andreas Maryoto

Saat melihat foto-foto indah di Instagram dan kita kemudian tertarik serta mengaguminya, kita mulai tak sadar bahwa beberapa konten itu dibuat oleh teknologi kecerdasan. Teks, suara, dan video sekarang juga sudah bisa dikreasi dengan teknologi kecerdasan buatan. Semua bisa menjadi konten di internet. Layakkah semua konten itu disebut tidak lagi memiliki nyawa? Dari sinilah teori kematian internet atau the dead internet theory muncul.

Daftar penggunaan kecerdasan buatan makin panjang sehingga peran manusia makin berkurang. Kita bisa mencoba fasilitas layanan konsumen yang sudah menggunakan bot sehingga mesin yang menjawab. Beberapa konsultasi dan obrolan berbasis suara juga sudah menggunakan kecerdasan buatan. Sesungguhnya teman bicara kita adalah mesin.

Editor:
ANDREAS MARYOTO
Bagikan