Kurikulum Pendidikan
Merdeka Belajar Sistemik
Kelemahan-kelemahan praktik pendidikan selama ini menjadi tantangan serius pelaksanaan Merdeka Belajar.

Ilustrasi
Hasil pengamatan penulis menunjukkan, praktik Merdeka Belajar ternyata masih diwarnai kekacauan konsep dan pelaksanaan. Kekacauan tersebut dapat dimaklumi karena kebijakan Merdeka Belajar baru berjalan sekitar dua tahun, dibandingkan dengan sekitar 74 tahun penjara pendidikan.
Sebagai suatu sistem, pendidikan memiliki komponen guru, siswa, tujuan/kompetensi, isi/materi, strategi yang di dalamnya terdapat metode dan media, serta evaluasi. Secara teoretis, ibarat laki-laki dan perempuan yang bersinergi melalui pernikahan, di dalam setiap komponen pendidikan terdapat dua pandangan yang berbeda, dan satu pandangan yang berusaha menyinergikan dua pandangan yang berbeda tersebut. Sayang seribu sayang, belum semua pejabat pendidikan dan guru cukup paham konsep tentang perbedaan pandangan terkait tiap-tiap komponen sistem pendidikan.