56 Tahun ASEAN: Sudahkah Lebih Memasyarakat?
Sudah 56 tahun keberadaan ASEAN. Tantangan ke depan adalah bagaimana ASEAN mampu memasyarakatkan ASEAN dan menggerakkan partisipasi warga ASEAN untuk mencapai tujuan Komunitas ASEAN.
Keberadaan ASEAN yang kini berumur 56 tahun menunjukkan dinamika ketahanan organisasi ini dalam menghadapi berbagai tantangan. Tahun ini, di bawah keketuaan Indonesia, ASEAN mengusung tema โASEAN Matters: Epicentrum of Growthโ. Tema ini memuat aspirasi dan harapan dari Indonesia untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global, dengan investasi dan perdagangan sebagai indikator ekonomi yang penting.
Namun, sejatinya, yang paling diharapkan bisa terwujud dari pencapaian ASEAN selama ini adalah ASEAN bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat negara-negara anggotanya (people oriented). Selama ini terdapat anggapan bahwa ASEAN hanya milik segelintir elite atau para pejabat pemerintahan. Oleh karena itu, hal ini menjadi tantangan sekaligus kritik bagaimana ASEAN mampu memasyarakatkan ASEAN dan menggerakkan partisipasi warga ASEAN untuk mencapai tujuan Komunitas ASEAN.