logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊDari Citayam untuk Indonesia
Iklan

Dari Citayam untuk Indonesia

Peristiwa populer Citayam Fashion Week membawa emosi publik pada nilai-nilai kebaruan, sensasi, dan hiburan. Juga menjadi kritik terhadap tata nilai yang sudah jenuh.

Oleh
SAIFUR ROHMAN
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/oOgnLSfGuEiEcOzPgC_bYe0aIyc=/1024x1537/https%3A%2F%2Finr-production-content-bucket.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com%2FINR_PRODUCTION%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F08%2F13%2Facaaf4c8-dd4a-401f-9029-680f771a77ca_jpg.jpg

Sejumlah perusahaan ramai-ramai mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (21 Juli 2022). Sehari sebelumnya, Rabu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut serta berjalan di atas zebra cross sebagai arena catwalk layaknya dalam acara fashion. Fenomena itu merupakan buntut dari gelar acara pameran pakaian bernama Citayam Fashion Week di perlintasan penyeberangan, kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Ini menjadi demam publik karena ditengarai telah merambah ke kota-kota besar lain di Indonesia dengan cara meniru peragaan busana di jalan umum. Ada apa? Bagaimana mestinya pemerintah menyikapi? Apa relevansi dalam pengembangan nilai masyarakat?

Editor:
MOHAMMAD HILMI FAIQ
Bagikan