Ketidakpastian Global
Semakin hari, proyeksi ekonomi makin tak pasti sehingga diperlukan imajinasi tentang masa depan berbasis data yang tersedia saat ini.
Ketidakpastian adalah musuh terbesar perencanaan. Dan, ekonomi adalah soal proyeksi serta kalkulasi strategi yang diturunkan dalam anggaran. Semakin hari, proyeksi ekonomi makin tak pasti sehingga diperlukan imajinasi tentang masa depan berbasis data yang tersedia saat ini. Akhirnya, perencanaan adalah dialektika antara visi (cita-cita) dan realitas yang bisa dengan cepat berganti sesuai dengan perubahan situasi.
Pendekatan ini dikenal sebagai perencanaan berbasis skenario (scenario planning). Perusahaan Royal Dutch Shell sudah sejak 1970-an mengembangkan pendekatan ini saat menghadapi ketidakpastian harga minyak akibat konflik politik di kawasan Timur Tengah dan era hiper-inflasi. Tampaknya pendekatan ini sangat relevan dengan perkembangan terkini saat ketidakpastian kian meninggi.