logo Kompas.id
OpiniNU dan Kepemimpinan Gagasan
Iklan

NU dan Kepemimpinan Gagasan

NU dan Islam Indonesia mempunyai fundamen nilai-nilai yang kokoh yang bisa disebarluaskan ke berbagai penjuru dunia. Nilai-nilai tersebut seperti jalan moderat, harmoni, kasih sayang, dan keadilan.

Oleh
RUMADI AHMAD
· 1 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Artikel Ahmad Zainul Hamdi yang berjudul ”Transnasionalisasi Islam Indonesia” (Kompas, 11/6/2022) menarik untuk dilanjutkan. Artikel itu secara garis besar menjelaskan salah satu misi Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Tsaquf (Gus Yahya) tentang pentingnya mencari terobosan baru membangun peradaban Islam agar bisa keluar dari berbagai ketegangan dan konflik yang sulit dicari penyelesaiannya. Dalam berbagai kesempatan, Gus Yahya menyampaikan, jika tidak ada terobosan baru, dunia dan kita semua akan hancur bersama-sama.

Saya sepenuhnya memahami substansi dan konsen Ahmad Zainul Hamdi, tetapi saya kurang nyaman dengan istilah yang dia gunakan, transnasionalisasi Islam Indonesia. Istilah transnasionalisasi mempunyai cacat dalam dirinya yang justru bisa menjadi bumerang bagi gagasan-gagasan Gus Yahya.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan