logo Kompas.id
OpiniPukau ”Greenwashing”
Iklan

Pukau ”Greenwashing”

Seiring tren konsumen yang semakin sadar pelestarian lingkungan, produsen pun menawarkan produk yang diklaim ramah lingkungan. Konsumen harus kritis, apakah benar itu produk ramah lingkungan atau sekadar dilabeli.

Oleh
R WULANDARI
· 1 menit baca
Ilustrasi
SUPRIYANTO

Ilustrasi

Kian bertambahnya kesadaran lingkungan di kalangan sebagian konsumen saat ini telah mendorong sejumlah produsen mengkreasi produk-produk yang diberi label tertentu dan kemudian diklaim sebagai ramah lingkungan. Sebagai konsumen, kita dituntut tetap kritis dan memastikan produk yang ditawarkan benar-benar ramah lingkungan.

Produk-produk dengan embel-embel istilah, misalnya, eco-friendly, nature-friendly, biodegradable, natural, earth-friendly, organic, dan save the earth, mungkin pernah Anda jumpai saat memilih untuk membeli produk tertentu. Sayangnya, beberapa produsen sebenarnya cuma melakukan apa yang diistilahkan di Barat sebagai greenwashing.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan