logo Kompas.id
›
Opini›Medan Pertempuran Baru di...
Iklan

Medan Pertempuran Baru di Industri Digital

Industri digital terus berubah dan berkembang. Setelah dominasi media sosial, gim kini menjadi arena pertempuran baru dalam persaingan dunia virtual.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/GNxqEgnmN-wnQtrbKx7pT90yEI8=/1024x576/https%3A%2F%2Finr-production-content-bucket.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com%2FINR_PRODUCTION%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F01%2F27%2F57436b6f-5630-4ad7-8056-894721a59d06_jpg.jpg

Industri digital terus-menerus membuat perubahan besar. Dunia virtual yang sempat didominasi media sosial mulai bergeser ke industri gim (game). Kini orang mulai mengalihkan perhatian ke gim sejalan dengan tren yang mengarah ke dunia meta (metaverse). Komunikasi juga makin banyak menggunakan gim sebagai media. Akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft menandai pertempuran baru di industri digital.

Pekan lalu Microsoft Corp di laman resminya mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Activision Blizzard Inc. Activision dikenal sebagai pemimpin dalam pengembangan gim dan penerbit konten hiburan interaktif. Akuisisi ini menjadikan Microsoft sebagai perusahaan terbesar ketiga di industri gim dari sisi pendapatan. Dua pemain lainnya di industri ini adalah Tencent dan Sony. Orang mungkin kurang mengenal Activision. Mereka lebih mengenal produknya, seperti Candy Crush, Warcraft, dan Diablo.

Editor:
PRASETYO EKO PRIHANANTO
Bagikan