Tajuk Rencana
Mengamankan Pasar ASEAN
ASEAN menjadi pasar bagi berbagai perusahaan teknologi, mulai dari perhotelan, transportasi, perdagangan, hingga kuliner. Sejumlah perusahaan dari sejumlah negara berinvestasi dan menjual produk di Asia Tenggara.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2019%2F07%2F22%2F95d29b77-0f31-44f5-9cf1-d0afd7f6a517_jpg.jpg)
Pengemudi Gojek mengenakan jaket dan helm berlogo baru saat acara pergantian logo Gojek bersama Pendiri dan CEO Gojek Grup Nadiem Makarim di Jakarta, 22 Juli 2019.
Asia Tenggara jadi kawasan yang menarik bagi perusahaan teknologi. Pasar yang besar, ketersediaan sumber daya manusia, kemudahan investasi pun menjadi daya tarik.
Namun, ASEAN masih perlu mengamankan dirinya. Dalam kurun dua-tiga tahun terakhir, berdasarkan laporan riset Credit Suisse, ”ASEAN Unicorns: Scaling New Heights”, Oktober 2021, jumlah rintisan bidang teknologi yang bervaluasi 1 miliar dollar AS atau unicorn di Asia Tenggara lebih dari 30 perusahaan (Kompas, 25/1/2022).
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 6 dengan judul "Mengamankan Pasar ASEAN".
Baca Epaper Kompas