logo Kompas.id
OpiniSelamat Tinggal Media Berbasis...
Iklan

Selamat Tinggal Media Berbasis Klik, Klik, Klik …

The New York Times membeli sebuah laman berita olahraga berbayar, The Athletic, sebesar 500 juta dollar AS. Aksi korporasi itu disebut menjadi awal dari perubahan hiruk pikuk media saat ini ke inovasi media masa depan.

Oleh
Andreas Maryoto
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/BFBJy9cyAw8XY_jaABOWN90q0zk=/1024x1097/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674-e1611127967337.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Generasi 2010-an sangat menikmati berita gratis. Model bisnis media ini kemudian menarik orang untuk mampir. Kedatangan mereka ini melalui klik kemudian mendatangkan uang bagi pengelola media. Generasi sekarang berbeda dengan pendahulunya. Mereka mau membayar untuk berita yang dikonsumsi, tetapi mereka juga menuntut pembuat berita berkomunikasi dengan audiensnya.

Kabar baru ini muncul ketika The New York Times membeli sebuah laman berita olahraga berbayar yang didirikan lima tahun lalu, yaitu The Athletic sebesar 550 juta dollar AS. Harian Financial Times menyebutkan, aksi korporasi itu menjadi awal dari perubahan hiruk pikuk media saat ini ke inovasi media masa depan. Inovasi dimaksud dilakukan baik oleh media konvensional dan media baru dengan model bisnis usaha rintisan (start up).

Editor:
Prasetyo Eko
Bagikan