logo Kompas.id
›
Opini›Sebuah Harapan di Bulan...
Iklan

Sebuah Harapan di Bulan Kemerdekaan RI

Saatnya momen kemerdekaan di tengah amukan Covid-19 ini kita gunakan untuk meningkatkan kesadaran, membuka hati nurani, menurunkan ego. Gunakan momen besar ini untuk duduk bersama. Bicara sebagai keluarga.

Oleh
BUDI S TANUWIBOWO
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hk_-o-xq_3FLDgwkPaAD-yDOIgk=/1024x723/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F08%2F20210818-Ilustrasi-Sebuah-Harapan-di-Bulan-Kemerdekaan-RI_1629296509.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Ketika kita sedang merayakan ulang tahun ke-76 kemerdekaan RI, negara kita sedang dilanda pandemi yang dahsyat. Bukan saja oleh virus korona atau Covid-19 yang menimbulkan banyak kematian, melainkan juga oleh virus kebencian yang menyebabkan kita getol saling menyakiti di antara sesama anak bangsa, saling mengejek dan merendahkan, saling tak percaya, saling benci dan curiga satu sama lain.

Dirasa masih belum cukup, masih ditambah dengan virus—yang entah apa namanya—membuat kita begitu meningkat nafsu syahwat kekuasaannya, sehingga dengan segala kedok dan cara, langsung tidak langsung, semua mulai getol dan ancang-ancang menyiapkan barisan untuk meraih atau mempertahankan kekuasaan.

Editor:
yohaneskrisnawan, Sri Hartati Samhadi
Bagikan