logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊBuah Kita Jadi Identitas Kita
Iklan

Buah Kita Jadi Identitas Kita

Peluang ekspor buah masih menjanjikan. Indonesia saat ini mengekspor, antara lain, mangga, pisang, manggis, dan nanas ke beberapa negara, dengan tujuan ekspor terutama ke China, Hong Kong, Malaysia, dan Arab Saudi.

Oleh
REDAKSI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/KaCUsi69T97BzxaW62GIdsteUUQ=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2Fa3ff4f90-fbde-44e0-a792-ebc440f07b32_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Nanas yang telah dipetik dipindahkan ke truk pengangkut untuk dibawa ke pabrik dari perkebunan PT Great Giant Pinneapple (GGP), Lampung Tengah, Lampung, Rabu (16/6/2021). Nanas menempati posisi pertama untuk ekspor buah nasional.

Suatu bangsa selalu mencari identitasnya. Identitas yang kuat akan kian menyatukan dan memberi keuntungan ekonomi. Buah sering digunakan sebagai identitas itu.

Kebanggaan sebagai bangsa muncul karena keberadaan buah yang mendapat tempat yang pas dan pantas. Kosta Rika dikenal sebagai negeri pisang. Selandia Baru kondang dengan buah kiwi. Mereka selalu mempromosikan dan menghadirkan buah sebagai kebanggaan mereka di berbagai kesempatan.

Editor:
kompascetak
Bagikan