logo Kompas.id
›
Opini›BTS Meal, Sensasi atau Ironi?
Iklan

BTS Meal, Sensasi atau Ironi?

Promo komoditas dengan nama BTS Meal yang di mata sebagian besar konsumen dianggap mampu menghadirkan sensasi, sesungguhnya lantaran ada yang merekayasanya secara kultural.

Oleh
A WINDARTO
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Ft1_3P5BhzHle9xMZzoXfd-UZlo=/1024x648/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F20210619-OPINI-BTS-Meal-Sensasi-atau-Ironi_1624016138.jpg
KOMPAS/SUPRIYANTO

Supriyanto

Menarik bahwa kerumunan akibat transaksi jual beli BTS Meal di gerai McDonald’s telah menciptakan kekacauan. Pasalnya, peristiwa itu terjadi di tengah pandemi dan tanpa sepengetahuan dari pihak-pihak yang berwenang terhadap penanganan pandemi. Maka, selain patut diberi peringatan, peristiwa itu juga perlu dicatat sebagai momentum untuk mewaspadai dengan jeli wajah dari masyarakat konsumsi di masa kini.

Pertama, penting untuk dicatat bahwa kerumunan bukan hadir secara tiba-tiba atau jatuh dari langit. Itu artinya, hal itu merupakan bagian dari rekayasa sosial yang dihadirkan untuk menenun dan menebar jaring-jaring kebudayaan dalam kehidupan masyarakat.

Editor:
yovitaarika
Bagikan