logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊIndustri Iklan Digital...
Iklan

Industri Iklan Digital Pasca-keputusan Apple

Privasi makin menjadi perhatian tidak hanya di kalangan pemakai teknologi digital, tetapi juga di kalangan perusahaan platform.

Oleh
Andreas Maryoto
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9qXnymxV2CJI7KBB7h0zfQAGjHw=/1024x1215/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, Wartawan Senior Kompas

Setelah geger sejak awal tahun, industri periklanan digital harus melakukan reformasi. Privasi makin menjadi perhatian tidak hanya di kalangan para pemakai teknologi digital, tetapi juga di kalangan perusahaan platform. Kebijakan privasi Apple yang baru, meski beraroma perseteruan, publik sepertinya mendukung.

Apple telah merilis sistem operasi terbaru, iOS 14.5. Perubahan sistem operasi ini untuk memperbarui kemampuan perangkat lunak di Iphone dan Ipad. Di samping itu, mereka akan menyediakan perangkat privasi yang disebut App Tracking Transparency. Perangkat ini memungkinkan kita sebagai konsumen untuk mengendalikan sejauh mana data kita bisa dan boleh dibagikan kepada pihak lain oleh perusahaan pemilik platform.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan