logo Kompas.id
›
Opini›Joe Biden dan Harapan...
Iklan

Joe Biden dan Harapan Terciptanya Perdamaian

Asia berharap kepemimpan Amerika Serikat dapat menjaga stabilitas kawasan Asia Pasifik, mengingat banyak kerawanan di Laut China Selatan dan Natuna.

Oleh
SUZIE S. SUDARMAN
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/7vlvXWVfIrHGVBYtjgzj3nGXT2k=/1024x684/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2Fe660afa6-fe92-49f0-8fdb-281d44d74b54_jpg.jpg
AP PHOTO/ ANDREW HARNIK

Seorang pendukung berdiri di tengah hujan ketika calon presiden dari Partai Demokrat dan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara dalam kampanye drive-in di Florida State Fairgrounds, Tampa, Florida, Kamis (29/10/2020).

Tatanan global yang ada di belahan kedua abad ke-20 dan bagian pertama dari abad ke-21 itu lahir dari kerusakan dua perang dunia. Setelah Perang Dunia II ada dua tatanan dunia: pertama, hasil Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet—intinya ada keseimbangan kekuatan militer di Eropa dan Asia dengan sistem penggetaran oleh senjata nuklir.

Yang kedua adalah sistem liberal yang beroperasi secara paralel dengan tatanan Perang Dingin. Di masa kini, kedua tatanan ini telah rusak. Telah terjadi pergeseran kekuasaan dengan tumbuhnya China, adanya kekuatan-kekuatan menengah yang menolak aspek penting tatanan yang ada, dan munculnya lembaga swadaya masyarakat yang bisa menjadi ancaman bagi tatanan di dalam dan di antara negara.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan