logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊTahun 2020, Tahun Kontribusi...
Iklan

Tahun 2020, Tahun Kontribusi untuk Lingkungan

Konsumen mendatang akan sensitif dengan berbagai isu lingkungan. Mereka tidak mau terlibat merusak semesta tempat tinggal mereka. Fenomena ini perlu diantisipasi para pemilik merek.

Oleh
Andreas Maryoto
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3E0BqhKmVfY_ZM3Mag6VcCYsOok=/1024x1000/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674-e1564618904295-34.jpg
KOMPAS/ILHAM KHOIRI

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Isu lingkungan lama hanya menjadi isu kesadaran semata. Orang hanya merasa diingatkan akan ancaman kerusakan lingkungan. Beberapa mulai bertindak. Namun, isu lingkungan bukan lagi sekadar isu kesadaran, melainkan telah memasuki fase aksi dan kontribusi.

Isu lingkungan bakal menjadi gaya hidup dan menjadi panduan pemilihan produk. Teknologi digital telah mampu mendeteksi perubahan tren itu. Pemilik merek perlu mengantisipasi dan mengadopsi tren itu.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan