logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊKembalinya Kejayaan Konten...
Iklan

Kembalinya Kejayaan Konten Berbayar

Setelah dimanjakan dengan konten-konten gratis di internet, tren kini mulai berubah. Orang pun mulai mau membayar untuk mendapatkan konten di internet. Ada syaratnya bila bisnis konten berbayar ini ingin sukses dan mendapatkan perhatian konsumen.

Oleh
Andreas Maryoto
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9qXnymxV2CJI7KBB7h0zfQAGjHw=/1024x1215/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Sekian tahun orang dimanjakan oleh konten-konten gratis ketika internet muncul ke permukaan. Orang mudah dan bebas dari biaya saat mendapatkan konten, baik berupa berita, foto, video, maupun suara. Tren ini telah berubah. Orang mau membayar konten. Ada syaratnya jika bisnis konten berbayar ini bisa sukses dan mendapatkan perhatian konsumen.

Para pembuat konten, seperti industri media, yang sejak bertahun-tahun menikmati kue bisnis konten tergagap ketika internet muncul karena semua orang bisa membuat, meluncurkan, dan membuat bisnis yang semuanya mudah diakses publik dan gratis pula. Hak kekayaan intelektual pun tak sedikit dilanggar dan penghargaan terhadap karya seseorang makin kabur.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan