logo Kompas.id
OlahragaMengurai ”Team Orders” McLaren...
Iklan

Mengurai ”Team Orders” McLaren untuk Norris-Piastri

Lando Norris melepas kemenangan di F1 Hongaria dan membiarkan rekan setimnya, Oscar Piastri, menang demi ”fairness”.

Oleh
AGUNG SETYAHADI
· 1 menit baca
Pebalap tim McLaren, Oscar Piastri, memacu mobilnya setelah keluar dari <i>pit stop</i> dalam balapan Grand Prix Formula 1 seri Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (21/7/2024).
AP/MARTIN DIVISEK

Pebalap tim McLaren, Oscar Piastri, memacu mobilnya setelah keluar dari pit stop dalam balapan Grand Prix Formula 1 seri Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (21/7/2024).

BUDAPEST, MINGGU — Balapan Formula 1 seri Hongaria memunculkan perdebatan team orders yang diterapkan oleh McLaren yang memaksa Lando Norris menyerahkan kemenangan pada Oscar Piastri. Perintah tim itu sudah lama menghilang dari ajang Formula 1 karena sering dinilai memupus persaingan sehat. Namun, dalam konteks Norris-Piastri, team orders itu fair karena menjadi bagian dari kesepakatan tim sebelum balapan.

Norris memang sempat menunda melepas posisi terdepan dari instruksi pertama pada lap ke-48 dan baru membiarkan Piastri mendahului pada lap ke-68, dua setengah putaran sebelum finis. Bagi pebalap yang menjemput kemenangan, melepaskan podium tertinggi yang sudah di depan mata bukan perkara mudah. Norris pun sempat merasa enggan melepaskan peluang itu, tetapi kemudian dia mengambil keputusan yang fair dan membiarkan Piastri meraih kemenangan pertamanya dalam balapan utama Formula 1.

Editor:
WISNU AJI DEWABRATA
Bagikan