logo Kompas.id
OlahragaGebrakan Olimpiade Paris 2024,...
Iklan

Gebrakan Olimpiade Paris 2024, dari Panjat Tebing sampai ”Breaking”

Olimpiade Paris mengenalkan cabang baru, ”breaking”, hingga nomor baru, ”speed” panjat tebing. Olimpiade makin beragam.

Oleh
KELVIN HIANUSA
· 0 menit baca
Pemanjat tebing putri Indonesia nomor <i>speed</i> atau kecepatan, Desak Made Rita Kusuma Dewi, berlatih di pemusatan latihan nasional panjat tebing di Bekasi, Jawa Barat, 4 Maret 2024. Desak persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.
KOMPAS/REBIYYAH SALASAH

Pemanjat tebing putri Indonesia nomor speed atau kecepatan, Desak Made Rita Kusuma Dewi, berlatih di pemusatan latihan nasional panjat tebing di Bekasi, Jawa Barat, 4 Maret 2024. Desak persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.

Seperti bumi dan seisinya, Olimpiade tidak pernah berhenti berevolusi. Hanya ada 9 cabang olahraga dan 43 nomor yang dipertandingkan dalam Olimpiade modern pertama, di Athena, Yunani, pada 1896. Jumlah tersebut terus bertambah setiap edisi, hingga mencapai 32 cabang olahraga dan 329 nomor di Olimpiade Paris 2024.

Di Paris, Perancis, jembatan antara olahraga dengan seni dan hobi semakin tipis. Sejak ditemukan pada 1970-an di Bronx, area yang terkenal dengan kriminalitas di kota New York, Amerika Serikat, breaking atau break dancing tidak lebih dari seni tari yang penuh dengan gerakan akrobatik. Jauh dari esensi olahraga klasik.

Editor:
PRASETYO EKO PRIHANANTO
Bagikan