logo Kompas.id
β€Ί
Olahragaβ€ΊPiala Eropa 2024: Garis Batas ...
Iklan

Piala Eropa 2024: Garis Batas Masa Senja Andriy Yarmolenko

Yarmolenko mungkin bukanlah siapa-siapa dalam percaturan sepak bola dunia. Namun, ia adalah segalanya bagi Ukraina.

Oleh
I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA
Β· 1 menit baca
Pemain timnas Ukraina, Andriy Yarmolenko (kiri), berebut bola dengan pemain timnas Wales, Daniel James, pada laga final <i>playoff</i> kualifikasi Piala Dunia di Stadion Cardiff City, Cardiff, Senin (6/6/2022) dini hari WIB. Wales menang 1-0 pada laga itu.
AFP/PAUL ELLIS

Pemain timnas Ukraina, Andriy Yarmolenko (kiri), berebut bola dengan pemain timnas Wales, Daniel James, pada laga final playoff kualifikasi Piala Dunia di Stadion Cardiff City, Cardiff, Senin (6/6/2022) dini hari WIB. Wales menang 1-0 pada laga itu.

Di masa lalu, Ukraina memiliki bintang sekaligus ikon timnas dalam diri Andriy Shevchenko. Namun, untuk urusan penampilan bersama Ukraina, Shevchenko bukanlah yang terdepan. Catatan Shevchenko masih kalah dari Andriy Yarmolenko. Piala Eropa 2024 di Jerman barangkali akan menjadi edisi terakhir yang diikutinya.

Yarmolenko tercatat sebagai pesepak bola Ukraina dengan penampilan terbanyak di Piala Eropa. Pemain berusia 34 tahun tersebut telah membela Ukraina sejak Piala Eropa 2012 dan mencatatkan sebanyak 118 penampilan. Yarmolenko berperan besar membawa Ukraina mengukir pencapaian terbaik sepanjang sejarah dengan menembus perempat final pada Piala Eropa 2020. Saat itu Yarmolenko total mencetak dua gol yang menyejajarkannya dengan Shevchenko dan Roman Yaremchuk sebagai pencetak gol terbanyak Ukraina di Piala Eropa.

Editor:
EMILIUS CAESAR ALEXEY
Bagikan