logo Kompas.id
β€Ί
Olahragaβ€ΊTakefusa Kubo, Memintal Jalan ...
Iklan

Takefusa Kubo, Memintal Jalan Bersinar di Eropa

Sejak awal kemunculannya, potensi Takefusa Kubo berselimut misteri. Digadang-gadang sebagai bintang masa depan, kariernya sempat tenggelam dan kini kembali melesat.

Oleh
I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA
Β· 1 menit baca
Pemain Real Sociedad, Takefusa Kubo, melakukan pemanasan jelang laga Liga Champions melawan Benfica di Lisabon, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB.
AP PHOTO/ARMANDO FRANCA

Pemain Real Sociedad, Takefusa Kubo, melakukan pemanasan jelang laga Liga Champions melawan Benfica di Lisabon, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB.

Berbekal bakat besar, Eropa pada awalnya tampak seperti bukan tempat yang sulit ditaklukkan Takefusa Kubo. Akan tetapi, perjalanan kariernya kemudian jadi tidak semulus yang dibayangkan. Nasib baik tidak selalu menyertai jalan karier bintang muda timnas Jepang ini. Namun, berkat kesabaran dan kerja keras, Kubo mulai merasakan manisnya pengakuan dari klub-klub besar Eropa.

Pengalaman paling pelik bagi pesepak bola muda adalah menanggung besarnya harapan. Sudah banyak contoh pemain muda yang pada akhirnya layu sebelum berkembang karena digadang-gadang akan menjadi bintang besar di masa depan. Pengalaman mantan pemain muda Manchester United, Federico Macheda dan Adnan Januzaj, sudah lebih dari cukup untuk membuktikannya. Digadang-gadang menjadi pemain besar di masa depan, jejak karier mereka kini lenyap.

Editor:
PRASETYO EKO PRIHANANTO
Bagikan