logo Kompas.id
OlahragaKuasa Nike di Eropa
Iklan

Kuasa Nike di Eropa

Produsen olahraga Amerika Serikat, Nike, menjadi ”raja” bagi penyedia kostum klub dan sepatu pesepak bola di Eropa. Klub besar dan pemain top menjadi magnet pasar utama dalam industri sepak bola.

Oleh
MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/iyW3zvLXdYMTMdbXvaQ64jBkr7o=/1024x686/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2Fbrand03_1590406103.jpg
REUTERS/MIKE SEGAR/FILE PHOTO

Warga mengenakan masker melewati toko perlengkapan olahraga Nike yang tutup akibat pandemi Covid-19 di 5th Avenue, Manhattan, New York City, 11 Mei 2020. Nike memimpin persaingan sponsor perlengkapan olahraga di lima liga sepak bola top Eropa.

Benua Eropa adalah magnet bagi pelaku industri sepak bola. Tak terkecuali para pelaku bisnis perlengkapan olahraga. Oleh karena itu, perusahaan olahraga tak henti-hentinya berlomba untuk mendukung klub elite ”Benua Biru” hingga menyediakan senjata bertanding bagi para pesepak bola terbaik di dunia.

Konsep dukungan produk olahraga pada tim sepak bola diperkenalkan perusahaan asal Jerman, Adidas, yang menempuh langkah tidak biasa dengan membuat dan menyiapkan perlengkapan bertanding tim nasional Jerman pada 1954. Kerja sama itu pun berlangsung hingga saat ini.

Editor:
Johan Waskita
Bagikan