Jersey Klub
Memetik Buah Fanatisme Penggemar
Industri sepakbola Indonesia mulai tumbuh secara signifikan. Dominasi merek pakaian olahraga nasional di Liga 1 2020 menjadi bukti nyata.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2Fd38768a9-eab6-4289-81cd-f193adedb068_jpg.jpg)
Para pemain mewakili klub sepak bola Liga I dengan mengenakan jersey masing-masing mengikuti Peluncuran Shopee Liga I 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, 24 Februari 2020. Dominasi jersey klub produksi lokal menandai tumbuhnya industri olahraga di Indonesia.
Fanatisme luar biasa para pendukung klub sepak bola menghadirkan pangsa pasar besar bagi pertumbuhan cendera mata atau merchandise klub di Indonesia. Merek produsen olahraga lokal ibarat jamur di musim hujan, yang terus bermunculan dalam empat tahun terakhir untuk mendukung tim Liga 1. Termasuk kehadiran merek yang dibuat khusus oleh sejumlah klub yang memproduksi kostum mandiri.
Terlepasnya Indonesia dari sanksi FIFA pada 2016, dan hadirnya babak baru kompetisi nasional setahun berselang, yang diberi tajuk Liga 1, memberikan dampak positif bagi pembenahan industri sepak bola Indonesia secara bertahap. Tidak terkecuali munculnya sejumlah merek lokal yang memproduksi kostum tanding bagi konstestan Liga 1.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 26 dengan judul "Memetik Buah Fanatisme Penggemar".
Baca Epaper Kompas