logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊSuhu Meningkat 6 Derajat...
Iklan

Suhu Meningkat 6 Derajat Celsius dalam 30 Tahun, Masa Depan Lingkungan Sumsel Terancam

Kerusakan hutan picu perubahan iklim yang meningkatkan suhu Palembang sekitar 6 derajat celsius dalam 30 tahun terakhir.

Oleh
ADRIAN FAJRIANSYAH
Β· 1 menit baca
Kerusakan hutan menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan dan lahan di sekitar Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/11/2023).
KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Kerusakan hutan menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan dan lahan di sekitar Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/11/2023).

PALEMBANG, KOMPAS β€” Efek kerusakan hutan sangat terasa di wilayah Sumatera Selatan. Setidaknya, situasi itu menyebabkan suhu rata-rata di Palembang dan sekitarnya meningkat hingga 6 derajat celsius dalam 30 tahun terakhir. Tanpa perubahan nyata, Sumsel akan menghadapi krisis pangan dan bencana hidrometeorologi yang lebih parah dalam 30 tahun ke depan.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi Sulthani Aziz, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Prakondisi Rehabilitasi Hutan dan Lahan/Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink di Palembang, Senin (19/8/2024), mengatakan, berkurangnya hutan dan bertambahnya polusi atau emisi karbon telah meningatkan suhu permukaan bumi. Di Sumsel, suhu rata-rata terus meningkat dalam 30 tahun terakhir.

Editor:
MARIA SUSY BERINDRA
Bagikan