GASTRODIPLOMASI
Memenangkan Hati dan Pikiran Orang Singapura lewat Kopi
KBRI Singapura mengalihkan perhatiannya pada kopi untuk memperkenalkan Indonesia pada 6 jutaan penduduk negara itu. Namun, sejauh mana efek kampanye gastrodiplomasi?
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F09%2F30%2Ffc50b746-06c6-4e15-9a2c-2d9c2418b054_jpg.jpg)
Bianglala Singapore Flyer tampak dari ketinggian Supertree di kawasan wisata Gardens by the Bay, Rabu (27/9/2023).
Setelah tiga tahun menjadi duta besar Republik Indonesia untuk Singapura, entah berapa banyak diplomat, pegawai pemerintah, dan pengusaha asing yang sudah Suryopratomo temui. Namun, ia kerap kali mendapatkan pertanyaan yang sama: ”Di mana kami bisa mendapatkan makanan Indonesia.”
Dari pengalaman itu, mantan wartawan Kompas dan pemimpin redaksi Metro TV itu mengambil satu kesimpulan. ”Banyak orang tahu Indonesia, tetapi ketika bicara yang berkaitan dengan boga dan minuman, mereka tidak kenal,” katanya ketika ditemui di lantai B1 mal Raffles City di kawasan Pusat Bandar Singapura, Selasa (26/9/2023).