logo Kompas.id
NusantaraMenerapkan Strategi ”Branding”...
Iklan

Menerapkan Strategi ”Branding” untuk Produk Andalan Sulbar

Jika komoditas unggulan Sulbar dikelola dari hulu ke hilir dan dipasarkan dengan citra yang menarik, ekonomi akan tumbuh dan sektor lain akan ikut berkembang.

Oleh
RENY SRI AYU ARMAN
· 1 menit baca
Hamparan kebun tanaman kelapa dalam di Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu (17/9/2023).
KOMPAS/RENY SRI AYU ARMAN

Hamparan kebun tanaman kelapa dalam di Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu (17/9/2023).

Sebenarnya bukan hanya kakao yang jadi komoditas unggulan Sulawesi Barat. Kopi, kelapa dalam, dan perikanan adalah komoditas lain yang tak kalah potensial untuk menggerakkan perekonomian. Ada pula usaha tenun rakyat yang ditekuni kaum perempuan. Untuk menghidupkan produk-produk andalan itu, branding berusaha dilakukan.

Hanya saja, potensi produk-produk ini belum dikelola dalam skala besar dan menjadi satu kesatuan dari hulu ke hilir. Di sektor perikanan, misalnya, Sulbar dengan garis pantai sepanjang 663 kilometer bukan hanya berpotensi untuk perikanan tangkap, tetapi juga budidaya.

Editor:
RINI KUSTIASIH
Bagikan