Produk Lokal Butuh Dukungan Perluasan dan Penetrasi Pasar
Produk unggulan daerah memerlukan dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak lainnya, termasuk swasta, untuk melakukan penetrasi pasar. Pendaftaran produk melalui e-katalog juga bisa menjadi alternatif perluasan pasar.
JAKARTA, KOMPAS β Sejumlah produk unggulan daerah atau produk lokal hasil usaha mikro, kecil, dan menengah memerlukan perluasan pasar agar mampu bersaing dengan produk-produk lain. Pemasaran melalui pameran dan pendaftaran produk lokal melalui e-katalog yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atau LKPP dapat menjadi alternatif solusi perluasan pasar dan penyerapan produk lokal yang lebih masif.
Laporan yang dihimpun Kompas dalam sepekan terakhir dari sejumlah daerah menunjukkan, produk lokal tengah berjuang untuk bertahan pascapandemi, terutama untuk meluaskan penetrasi pasarnya. Sebagian besar produk lokal itu dihasilkan oleh UMKM asli daerah. Inovasi dan dukungan pemerintah dinilai penting dalam keberhasilan UMKM untuk pulih dari dampak pandemi covid-19.