logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊPengelola Alur Pelayaran...
Iklan

Pengelola Alur Pelayaran Ambang Sungai Barito Segera Realisasikan Konsesi

Pengelola alur pelayaran ambang Sungai Barito di Kalimantan Selatan segera merealisasikan kerja sama dalam bentuk konsesi dengan pemerintah pusat. Kerja sama konsesi akan turut meningkatkan penerimaan negara bukan pajak.

Oleh
JUMARTO YULIANUS
Β· 1 menit baca
Sebuah kapal tunda menarik tongkang bermuatan batubara melintasi Sungai Barito di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 1 Agustus 2017.
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Sebuah kapal tunda menarik tongkang bermuatan batubara melintasi Sungai Barito di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 1 Agustus 2017.

BANJARMASIN, KOMPAS β€” Badan usaha pelabuhan milik pemerintah daerah yang mengelola alur pelayaran ambang Sungai Barito di Kalimantan Selatan segera merealisasikan kerja sama dalam bentuk konsesi dengan pemerintah pusat selaku penyelenggara pelabuhan. Konsesi itu akan lebih mengoptimalkan pengelolaan alur pelayaran demi kelancaran lalu lintas armada angkutan laut serta meningkatkan penerimaan negara bukan pajak.

Rencana realisasi kerja sama dalam bentuk konsesi antara PT Ambang Barito Nusapersada (Ambapers) selaku pengelola alur pelayaran ambang Sungai Barito dengan Kementerian Perhubungan mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD), Selasa (29/3/2022). FGD itu digelar pada puncak Hari Ulang Tahun Ke-18 PT Ambapers yang digelar secara hibrida di Banjarmasin.

Editor:
MOHAMAD FINAL DAENG
Bagikan