logo Kompas.id
β€Ί
Nusantaraβ€ΊJangan Sekadar Sandiwara,...
Iklan

Jangan Sekadar Sandiwara, Pemulihan Pariwisata Cirebon Harus Dilakukan Bersama

Sektor pariwisata diyakini dapat mendorong pemulihan ekonomi di Kota Cirebon, Jawa Barat, saat pandemi Covid-19. Meski demikian, dibutuhkan adaptasi dan dukungan berbagai pihak.

Oleh
ABDULLAH FIKRI ASHRI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/eTa_wCwqTxKHK6YQDZmXBl4-U7c=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2FScreenshot-11_1635559245.png
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE

Adegan sandiwara tarling Cirebon yang ditayangkan virtual, Jumat (29/10/2021) malam. Kegiatan itu digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon untuk mengedukasi pentingnya penggunaan mata uang rupiah.

Sambil memikul dua dandang besar, seorang laki-laki paruh baya bersenandung, ”Sega jamblang (nasi jamblang)”. Alunan gitar dan suling atau tarling ikut mengiringi seruannya. ”Sega jamblang, masakan khas wong Cirebon. Harga murah, lauknya aneka rupa,” katanya.

Meskipun tampak sederhana, pedagang nasi jamblang yang memangkal di pinggir jalan itu mengikuti perkembangan zaman. Pelanggannya bisa membayar secara nontunai melalui Standar Kode Respons Cepat Indonesia (QRIS). Kode batang itu terpajang di salah satu dandangnya.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan