logo Kompas.id
MudaGenerasi Zaman ”Now” Tetap...
Iklan

Generasi Zaman ”Now” Tetap Setia Mengonsumsi Berita

Di tengah pandemi, generasi muda setia mencari berita-berita terkini. Sebagian besar memanfaatkan media sosial untuk mencari informasi.

Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/xH1wi9PeUpEv058db1XZqjMJKSs=/1024x682/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20180208Bah10_1564726136.jpg
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Mahasiswa baru bersama-sama menunjukkan wayang kertas punakawan buatan mereka saat berlangsung Masa Orientasi Bersama (MOB) di Universitas Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Berbeda dari sangkaan yang beredar, generasi muda zaman sekarang ternyata tetap setia membaca berita arus utama. Namun, teknologi digital mengubah perilaku mereka dalam mengonsumsi berita. Media pun melancarkan berbagai strategi untuk menjaga relevansi, termasuk dengan mengeksplorasi platform baru.

Maverick Indonesia, perusahaan bidang komunikasi, melakukan survei daring terkait dengan preferensi Generasi Z dan Y mendapatkan berita selama 22 September-8 Oktober 2020. Sebanyak 453 orang di Jakarta dan Bandung menjadi responden, terdiri dari 59 persen Generasi Z dan 41 persen Generasi Y. Generasi Z merujuk pada usia 18-23 tahun dan Generasi Y merujuk pada usia 24-32 tahun.

Editor:
Maria Susy Berindra
Bagikan