logo Kompas.id
MudaMau Menjadi Petani Muda,...
Iklan

Mau Menjadi Petani Muda, Tampan, dan Terkenal?

Jika petani dicitrakan sebagai sosok muda, tampan, dan terkenal, mungkin akan semakin banyak anak muda yang mau menjadi petani. Ini jadi salah satu pemikiran petani muda di era digital.

Oleh
Ester Lince Napitupulu dan Regina Rukmorini
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/I75wVo7f9-pTIYExBn-QfqC0W7k=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2FIMG-20200603-WA0056_1594558605.jpg
ARSIP PRIBADI

Rayndra Syahdan Mahmudin merintis menjadi petani muda sejak duduk di bangku SMKN Ngablak Magelang, Jawa Tengah.

Wajah dunia pertanian  menjadi segar dengan masuknya anak-anak muda  sebagai petani dan peternak. Mereka bergelut dengan tanah dan kandang. Pada saat bersamaan mereka memanfaatkan internet untuk membuat  terobosan bisnis. Inilah kisah petani muda Indonesia era digital.

Salah seorang di antara mereka adalah Rayndra Syahdan Mahmudin (24), petani muda lulusan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang yang kini sedang menempuh pendidikan S-2 di Yogyakarta. Ia bangga dengan identitasnya sebagai petani. Kebanggaan itu tecermin dari tulisan-tulisan di kausnya. Ada kaus bertuliskan ”Peternak, Pemuda Terkenal dan Kece”, ”Petani, Pemuda Idaman Masa Kini”, ”Yo Ngarit, Yo Ngopi”, ”Bangga Jadi Peternak Indonesia”, dan ”Ayo Beternak”. Di bagian belakang kaus khas Rayndra selalu tertera Cipta Visi Group PWMP Kementan, nama usaha yang didirikan Rayndra.

Editor:
budisuwarna
Bagikan