logo Kompas.id
MetropolitanPeluang Transaksi “Ujung Jari”...
Iklan

Peluang Transaksi “Ujung Jari” di Masa Pandemi

Satu dekade terakhir, terjadi gelombang digitalisasi dan penetrasinya mengubah perilaku masyarakat secara drastis. Pola konsumsi warga mulai bergeser dan menuntut pembayaran serba mobile, cepat, aman via banyak platform.

Oleh
MB. DEWI PANCAWATI (LITBANG KOMPAS)
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5cdeNrIrcSWyiXzysdhOoepmbKo=/1024x655/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2Fkompas_tark_27360986_31_1.jpeg
KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO

Petugas Citibank Sudirman, Jakarta, menunjukkan cara menggunakan mesin digital Citibank untuk melayani kebutuhan transaksi, informasi produk perbankan, dan update seputar keuangan, Jumat (25/11/2016). Nasabah dapat melakukan secara swadaya transaksi digital tersebut.

Transaksi keuangan digital masih menghadapi masalah rendahnya tingkat literasi  dan inklusi, serta pembenahan berbagai kendala. Namun di masa pandemi ini, transaksi digital berpeluang untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

Kemajuan teknologi telah melahirkan inovasi yang mengakomodir kebutuhan masyarakat, termasuk  keuangan. Salah satunya adalah Fintech (Financial Technology), inovasi di bidang finansial yang mengacu pada teknologi modern untuk memperkenalkan kepraktisan, kemudahan akses, kenyamanan dan biaya yang ekonomis dalam sistem pembayaran.

Editor:
nelitriana
Bagikan