logo Kompas.id
β€Ί
Metropolitanβ€ΊKredibilitas Sumber Berita...
Iklan

Kredibilitas Sumber Berita Menentukan Tingkat Kepercayaan Audiens Muda

Kawula muda menyaring banjir informasi di ranah maya berdasarkan kredibilitas media, penilaian atau rating, dan isi berita.

Oleh
FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XA2eo0KFrQQ6dUC0QYxRKsgP008=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20190828_ENGLISH-ANALISIS-POLITIK_A_web_1567007502.jpg
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Islam Indonesia menggelar aksi deklarasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 Damai di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, 25 Maret 2018.

JAKARTA, KOMPAS β€” Paparan berita bohong di media sosial menggerakkan sebagian anak muda melakukan penyaringan. Kredibilitas sumber berita menjadi pertimbangan utama untuk memercayai kebenaran informasi yang mereka terima.

Jevan George (19), mahasiswa semester IV di Kupang, Nusa Tenggara Timur, sering memperoleh informasi dari lini masa Instagram. Intensitasnya dua hingga tiga berita dalam sekali memainkan aplikasi itu. ”Ada berita yang menarik berarti baca. Saya pilih-pilih beritanya, kadang sebarkan juga,” ujar Jevan, Rabu (10/2/2021).

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan