logo Kompas.id
β€Ί
Metropolitanβ€ΊOTP yang Makin Populer
Iklan

OTP yang Makin Populer

OTP merupakan kode sandi 4–6 angka yang dikirimkan melalui SMS sebagai kode untuk otentifikasi atau mengaktifkan akun. Mengapa penggunaan OTP semakin populer di Indonesia?

Oleh
Pradipta Pandu Mustika/Satrio Wisanggeni/Madina Nusrat
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/jWO-KpBvHWcwS0GEx3EiD0XW5-A=/1024x655/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2FScreenshot-67_1581846159.png
BARESKRIM POLRI

Direktorat Tindak Pidana Siber, Bareskrim Polri, membagikan peringatan agar masyarakat tak membagikan kode sandi sekali pakai atau one-time password (OTP) kepada siapa pun untuk melindungi akun aplikasinya dari pencurian. Peringatan ini dibagikan di akun Instagram Direktorat Tindak Pidana Siber, @ccicpolri.

Hingga 5 tahun lalu kode sandi sekali pakai atau one-time password (OTP) masih menjadi hal yang asing. Sekarang kode ini telah menjadi  menjadi hal yang biasa dan diandalkan untuk mengaktifkan akun aplikasi di ponsel. Belakangan kode ini pun menjadi incaran pencuri akun aplikasi

Sebagian besar perusahaan aplikasi penyedia layanan digital, baik itu pasar daring, ojek dan taksi daring, hingga dompet digital, umumnya hanya mewajibkan calon pengguna untuk mendaftarkan nomor ponselnya.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan